Selasa, 26 Juni 2012

masalah individu-kelompok dalam pengelolaan kelas


.    Masalah-masalah Dalam Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas adalah penciptaan kondisi yang memungkinkan terselenggaranya kegiatan belajar dengan baik. Dalam pengelolaan kelas dapat terjadi masalah bersumber dari kondisi tempat belajar dan pelajar yang terlibat dalam belajar Kondisi tempat belajar misalnya bisa berupa ruang kotor, papan tulis rusak, meja kursi rusak, dan sebagainya dapat mengganggu belajar[1]. Sedangkan masalah pembelajar di bagi menjadi dua, yaitu:
1.      Masalah Individu
Rudolf Dreiklurs dan Pearl Cassel membedakan empat kelompok masalah pengelolaan kelas individual yang didasarkan asumsi bahwa semua tingkah laku individu merupakan upaya pencapaian tujuan pemenuhan keputusan untuk diterima kelompok dan kebutuhan untuk mencapai harga diri. Bila kebutuhan-kebutuhan ini tidak lagi dapat dipenuhi malalui cara-cara yang lumrah dapat diterima masyarakat, dalam hal ini masyarakat kelas, maka individu yang bersangkutan akan berusaha mencapainya dengan cara lain.Dengan perkataan lain, dia akan berbuat “tidak baik” perbuatan-perbuatan untuk mencapai tujuan dengan cara tidak baik inilah oleh pasangan penulis diatas digolongkan sebagai berikut[2]:
a.       Tingkah laku yang ingin mendapat perhatian orang lain (attentiongettingbehaviors). Misal: membadut (aktif), atau serba lamban.
b.      Tingkah laku yang ingin menunjukkan kekuatan (powerseekingbehaviors). Misal: selalu mendebat, marah, menangis, lupa aturan.
c.       Tingkah laku yang bertujuan menyakiti orang lain (revengeseekingbehaviors). Misal: mengata-ngatai, memukul.
d.       Peragaan ketidakmampuan: Sama sekali menolak untuk mencoba melakukan apapun, karena kegagalan yang terjadi.

Untuk membedakan keempat tipe di atas, dapat dilakukan melalui pengamatan terhadap gejala yang muncul. Dreikurs dan Cassel mengajukan satu teknik yang cukup sederhana untuk mendeteksi gejala tersebut, dengan parameter sebagai berikut:
a. Jika guru merasa terganggu oleh tindakan murid, mungkin tujuan murid adalah untuk mencari perhatian.           
b. Jika guru merasa dikalahkan atau terancam, tujuan murid tersebut mungkin untuk mencari kekuasaan.
 
c.  Jika guru merasa sangat tersinggung, tujuannya mungkin untuk mencari pelampiasan dendam.
 
d.Jika guru merasa tidak berdaya, tujuan anak mungkin untuk menunjukkan ketidakmampuannya.
Menurut Manan Rahman, (1998:58) dari keempat tindakan individu di atas sebagaimana dikemukakan oleh Rodolf Dreikurs akan mengakibatkan terbentuknya empat pola tingkah laku yang sering nampak pada anak usia sekolah yaitu:
1) Pola aktif konstruktif yaitu pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi superstar di kelasnya dan berusaha membantu guru dengan penuh vitalitas dan sepenuh hati.      
2) Pola aktif destruktif yaitu pola tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk membuat banyolan, suka marah, kasar dan memberontak.
        
3) Pola pasif konstruktif yaitu pola yang menunjukkan kepada satu bentuk tingkah laku yang lamban dengan maksud supaya selalu dibantu dan mengharapkan perhatian.
4) Pola pasif destruktif yaitu pola tingkah laku yang menunjuk kemalasan (sifat malas) dan keras kepala.[3]

pengelolaan kelas


     Definisi Pengelolaaan Kelas
Pengelolahan kelas merupakan ketrampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran.[1]
Dalam pembelajaran di kelas, guru merupakan manajer. Dengan pengertian ini guru adalah orang yang menjalankan tugasnya manajemen tentunya menekankan pada keharusan adanya kemampuan yang harus dimilki guru dalam manajerial.
Kelas bukanlah semata-mata suatu ruangan tempat belajar mengajar antara guru dengan siswa, serta bukan hanya suatu bangunan fisik yang terdiri peralatan belajar mengajar. Tetapi lebih dari itu, kelas merupakan suatu organisasi kecil yang unik dalam pendidikan nasional. Dikatakan sebagai organisasi kecil karena walaupun lingkup anggota dan struktur yang terbatas, tetapi kelas memiliki sifat umum sebagaimana layaknya organisasi.

Kamis, 14 Juni 2012

التحذير والإغراء

Tahdzir
A.    Uslub Tahdzir (التحذير)
Tahdzir adalah larangan bagi sesorang tentang suatu hal yang dibenci untuk dihindari. Syarat-syarat dalam tahdzir antara lain:
1.      Muhadzir: seseorang yang melarang orang lain.
2.      Muhadzar: seseorang yang diberi peringatan.
3.      Muhadzar minhu/mahdzur: perkara yang dibenci atau dijauhi.

B.     Bentuk Tahdzir
Dalam ighro’ terdapat beberapa susunan atau pola-pola gramatika, antara lain:
1.      Hanya menyebutkan muhadzar minhu yang berupa isim dzahir.
Contoh:  (البردَ)untuk melarang anak kecil memakai pakaian tipis saat cuaca dingin.
 البردSebagai maf’ul bih dari fi’il احذر  yang dibuang, asli kalimatnya; احذرالبردَ
Boleh juga mengucap احذر البرد yakni dengan mengucap fi’il, akan tetapi syarat yang mendasar pada kaidah ini tidak menyebutkan fi’il.
2.      Menyebutkan muhadzar minhu yang berupa isim dzahir kemudian mengulangnya, atau dengan mengathafkan isim yang sepadan dengannya.
Contoh:
a.        البردَ البردَ berkedudukan sebagai maf’ul bih dan yang kedua sebagai taukid dari sebelumnya.
b.       البردَ والمطرَ berkedudukan sebagai maf’ul bih dan  المطر sebagai ‘athaf dari .البرد

Rabu, 13 Juni 2012

Variasi Bahasa


A.      Variasi Bahasa
Variasi bahasa adalah macam-macam bentuk bahasa yang berbeda. Perbedaan bahasa masyarakat tampak jelas pada lafad, kaidah dan  kata pada keturunan masyarakat bahasa. Dari sini muncul perbedaan yang  jelas pada accent atau bagaimana masyarakat itu mengucapkan  bahasa, dari sisi lain perbedaan yang jelas juga muncul dari lafad, kaidah serta kata yang diucapkan oleh pemilik bahasa khususnya gaya bahasa yang digunakan masyarakat dari masa ke masa sehingga menjadi bahasa negara.[1]
Sebagai sebuah langue (bahasa) mempunyai sistem dan subsistem yang dipahami oleh semua penutur bahasa. Namun, karena penutur bahasa tersebut, berada dalam masyarakat tutur yang bukan termasuk kumpulan manusia yang homogen, maka wujud bahasa yang kongkret, yang (parole), menjadi tidak seragam. Bahasa itu menjadi beragam dan bervariasi (catatan: istilah variasi sebagai padanan kata inggris variety bukan variation). Terjadinya keragaman disebabkan oleh penuturnya yang tidak homogen, dan juga karena kegiatan interaksi sosial yang mereka lakukan sangat beragam.[2]

penggunaan nun taukid tsakilah pada bina' naqis wawu dan ya


نون التوكيد الثقيلة
التّوكيد اسلوب يقوي الكلام في نفس سامعه. نون التوكيد الثقيلة : نون مشدّدة مفتوحة لتأكيد المعنى أو لتقوية المعنى تدخل على الفعل المضارع والأمر. نحو: -    اقرأَنَّ يا سليم درسك (تدخل على الفعل الأمر)
          -   ليقومَنَّ القوم (تدخل على الفعل المضارع)
 كيفية توكيد الفعل المضارع
أ‌.         المضارع المسند إلى مفرد نبنيه على الفتح في جميع أحواله سواء أكان صحيحا أم معتلا. مثل: ليسافرَنَّ، ليسعيَنَّ، ليدعوَنَّ، ليقضيَنَّ.
ب‌.    والمسند إلى ألف الإثنين تكسر نون توكيده بعد الألف، مثل: ليسافرانِّ، ليسعيانِّ، ليدعوانِّ، ليقضيانِّ.
ت‌.    والمسند إلى واو الجماعة تخدف معه واو الجماعة لالتقاء الساكنين (بعد حذف نونه طبعاً كما تقدم) إلا مع المعتل بالألف فتبقى وتحرّك بالضمة، مثل: ليسافرُنَّ، ليسعَوُنَّ، ليدعُنَّ، ليقضُنَّ.
ث‌.    والمسند إلى ياء المخاطبة تخدف ياؤه ويبقى ما قبلها ما قبلها مكسوراً، وفي المعتل با لألف تبقي ياء المخاطبة وتحرّك بالكسر، مثل: لتسافرِنَّ، لتسعيِنَّ، لتدعِنَّ، لتقضِنَّ.
والمسند إلى نون النسوة يبقى على حاله وتزاد ألف فاصلة بين نون النسوة ونون التوكيد التى تكسر هنا، مثل: ليسافرْنانِّ، ليسعيْنانِّ، ليدعونانِّ، ليقضينانِّ.

Senin, 11 Juni 2012

المنادى


(( المنادى ))
أ‌)        تعريف المنادى
المنادى هو اسم نكرة قصد تعيينه بالنداء مثل يارجل وياتلميذ اذا ناديت رجلا وتلميذا معيّنين فإن لم ترد تعيين أحد قلت "يارجلا وياتلميذا" ويبقيان في هذه الحالة نكرين لعدم تخصيصها بالنداء فإن ناديت معرفة فلاشأن للنداء في تعريفها.[1]
المنادى هو الاسم المستدعى ب "يا" أو احدى أخواتها الست وهي الهمزة وآوآى وأى وأيا وهيا مثل "يازيد – أزيد – أيا زيد" والمنادى إما مفرد وإما غير مفرد.[2]
                                                                                                                                                                     
ب‌)     اقسام المنادى
 منادى يقسم على قسمين:  

Teori Hirarki


TEORI BELAJAR HIRARKI DARI
ROBBERT MILS GAGNE
  1. Biografi Robbert M Gagne
Robert Mils Gagne lahir 21 Agustus 1916 di North Andover, Massachusetts. Beliau adalah seorang pendidik Amerika yang yang studi pembelajaran dan pengajaranya sangat mempengaruhi sekolah-sekolah di Amerika. Beliau meraih gelar A.B. dari Yale pada tahun 1937 dan Ph.D dari Brown University tahun 1940. Beliau adalah profesor psikologi dan pendidikan psikologi di Connecticut College khusus wanita (1940-1949), Universisitas Negeri Pennsylavania (1945-1946), Princeton (1958-1962), dan Universitas California di Barkeley (1966-1969). Pada tahun 1969, beliau mulai menjadi seorang profesor di departemen Educational Research di Universitas Negeri Florida, Thalllahassee. beliau juga menjabat sebagai direktur riset untuk angkatan udara (1949-1958) di Lackland, Texas, dan Lowry, Colorado. Bekerja sebagai konsultan untuk  Deparemen Pertahanan (1958-1961) dan untuk kantor pendidikan di Amerika Serikat (1964-1965). Selain itu ia menjabat sebagai Direktur penelitian Institut Penelitian Amerika di Pittsburgh (1962-1965).

Hasil kerja Gagne mempunyai pengaruh yang besar pada pendidikan Amerika, militer dan pelatihan industri. Gagne dan L.J. Briggs keduanya merupaka pengembang awal dari konsep desain sistem intruksional yang menunjukkan bahwa semua komponen dari pelajaran atau periode instruksi dapat dianalisis dan bahwasemua komponen dapat dirancang untuk beroprasi bersama-sama sebagai sebuah rencana terpadu untuk instruksi. Dalam sebuah artikel yang berjudul “ Teknologi Pendidikan dan Proses Pembelajaran” (peneliti pendidikan, 1974). [1]
Gagne juga terkenal dengan teorinya yang canggih “stimulus-respon” dari delapan jenis belajar yang berbeda, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks. Diantaranya ialah: 1) signal learning, 2) stimulus-respon, 3) chaining, 4) verbal association, 5) discrimination, 6) concept learning, 7)rule learning, 8) problem solving.