Sabtu, 05 Mei 2012

otak luar biasa


Judul buku      : Otak Luar Biasa, Mind Power: menjelajah Kekuatan Pikiran
Judul asli         : Mind Power: How To Develop It... Use It.. Expand It
Penulis             : Bertrand Russell, et al
Penerjemah      : D. Hamdi Ridlo
Penerbit           : Nuansa, Bandung
Cetakan           : I, Desember 2008
Tebal buku      : 295 halaman
Harga              : Rp. 46.000,00
Bagian pertama dalam buku ini, memaparkan tentang cara mengontrol tubuh dengan kekuatan akal. Bagaimana akal dan pikiran dapat mengontrol kesehatan, mengontrol hidup anda  melalui berbagai tindakan yang anda lakukan serta kekuatan akal dan pikiran juga dapat dipakai sebagai alat untuk penyembuhan diri.
Bagaimana pikiran dapat mengontrol kesehatan anda?
Dalam bagian pertama buku ini menjelaskan tentang pelatihan teknik baru yaitu feedback sensorik atau disebut juga dengan biofeedback, apakah biofeedback itu?. Pelatihan biofeedback didasarkan pada dugaan bahwa kita dapat memodifikasi atau mengendalikan sejumlah fungsi tubuh yang dulu dianggap sepenuhnya bekerja secara otomatis. Banyak penyakit kronis yang dapat disembuhkan melalui pelatihan biofeedback, diantaranya adalah asma, sakit punggung, migren, sakit kepala karena tegang dan yang terbaru dan menggembirakan adalah biofeedback dapat diterapkan dalam penanganan stroke dan epilepsi. Namun menurut Dr. Joshep Brudny feedback lebih memandang sebagai alat atau sarana pembantu alat-alat medis dalam menagani suatu penyakit, bukan sebagai penyembuh semua penyakit.
Bagaimana cara mencegah stress dengan kekuatan akal? Dalam praktek psikiater, terdapat dua macam tipe stress yaitu stress karena kehilangan dan stress karena sebab ancaman. Kedua maacam stress tersebut dapat mengakibatkan gejala perasaan tertekan dan gelisah atau keduanya. Sedangkan cara untuk mencegah dan mengatasi stress diantaranya cukup untuk tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kecewa ataupun menghindari pikiran kesalahpahaman dan anggapan yang dibesar-besarkan yang telah memperburuk masalah sebelumnya. Oleh karena itu perasaan stress dapat dicegah dan dikurangi dengan pengendalian akal dan pikiran sendiri, yakni selalu berpikiran positif pada setiap masalah yang dihadapi.

 
Bagaiman akal dapat mengontrol hidup anda?
Kendalikan hidup anda dengan meditasi!! Banyak dari beberapa agama yang ada menyarankan para penganutnya untuk melakukan meditasi sebagai sarana untuk perenungan diri. Karena secara umum, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari hasil meditasi diantaranya yaitu; memperoleh jawaban atas suatu masalah tertentu, penemuan jati diri, dapat memahami orang lain, perasaan senang dan rileks. Akan tetapi meditasi bukanlah sarana penyelesaian atas segalanya, meditasi hanya membantu untuk mengembalikan alam khayalan dalam pikiran kita sehingga menjadi rileks dan nyaman.
Pengendalian diri dapat melalui hipnosis. Apakah hipnosis itu?? Fenomena hipnosis sebagai media penyembuhan telah ada sejak zaman dahulu pada masa Mesir kuno dan Yunani kuno. Akan tetapi pada abad pertengahan fenomena ini telah dinodai dengan unsur-unsur mistik, dan pelaku dari hipnosis sendiri dianggap sebagai dukun. Akan tetapi dewasa ini hipnosis dapat menjadi alat yang sangat berpengaruh dalam mengontrol dan pengendalian diri dari penyakit, semisal rasa nyeri, phobia dan berbagai perilaku lainya. Hipnosis bukan tidur, bukan ada dalam kekuasaan seseorang, bukan suatu tanda kelemahan mental, bukan hanya fenomena psikologis namun juga biologis. Hipnosis dapat mengubah pikiran analisis menjadi netral. Akan tetapi hipnosis harus diseimbangkan dengan kondisi pasien dengan pengobatan tertentu yang dapat dipertanggung jawabkan.
Kekuatan akal, media penyembuhan diri?
Suasana  hati tidak menentukan pikiran kita, tetapi sebaliknya pikiranlalah yang membentuk suasana hati kita. Jadi apabila kita berpikir dengan baik maka kita juga akan merasa baik. Banyak psikiater kini telah beranggapan bahwa akal manusia seperti halnya tubuh mempunyai rangkaian perlindungan untuk menyembuhkan diri dari penyakitnya sendiri. Hal ini menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami masalah emosi memiliki kemampuan dan potensi untuk menyembuhkan dirinya sendiri melalui kekuatan akal mereka.
Dapatkah emosi anda membunuh anda? 
Tentu bisa. Yang paling sering kita temukan adalah kematian mendadak seseorang akibat serangan jantung, hal ini biasa disebabkan oleh gangguan traumatis yang luar biasa dalam hubungan sosial atau pada seseorang yang sangat dicintainya. Sebab kedua yakni pada saat sesorang terjebak pada situasi yang membahayakan dirinya ancaman kehilangan nyawa, berkelahi, peperangan dan lain sebagainya. Sebab ketiga, yaitu setelah terjadinyasuatu kekecewaan, kegagalan, kehilangan status yang luar biasa. Dan sebab yang terakhir adalah pada saat keberhasilan setelah mencapai tujuan. Kematian mendadak dalam ketegangan psikologis sangat lumrah terjadi pada manusia, lagi-lagi karena mereka tidak bisa mengendalikan akal dan pikiran mereka. Akal sehat menuju pada kesehatan mental, dan orang yang mempunyai kesehatan memntal dapat menkmati kehidupan dengan yang lebih baik.
Bagian kedua dalam buku ini, menggali lebih dalam tentang potensi otak yang luar biasa. Mulai dari bagaimana manusia bisa mendapatkan akalnya yang luar biasa sampai dengan kemampuan-kemampuan yang dapat dicapai oleh akal. Manusia dalam sejarahnya telah mengalami banyak perubahan, sejak zaman prasejarah yang dikenal dengan istilah Homo sapiens (manusia pemikir) hingga sekarang. Potensi akalnya pun juga berkembang seiring dengan berjalanya waktu dan dengan proses belajar dari pengalaman-pengalaman.
Manusia juga mempunyai berbagai ragam intelegensi. Intelegensi tersebut dapat berkembang dengan melakukan usaha-usaha tertentu, seperti; mengadopsi kebiasaan berpikir positif, terbuka pada setiap masalah yang dihadapi atau berani mempertahankan argumen mereka. Terdapat empat faktor utama yang dapat mempengaruhi kemampuan intelegensi yaitu Intellectual Quotient (IQ), kreatifitas, kepribadian, dan unsur otak serta unsur kimiawi yang ada di dalamnya. Dan rahasia kesuksesan intelektual adalah kesadaran bahwa tidak ada satu perilaku atau kemampuan yang memadai. IQ tinggi akan hilang jika tidak di dukung oleh ketekunan dan kesungguhan.
Jika kita menelusuri kerja otak manusia, kita akan dicengangkan oleh berbagai hal di dalamnya. Karena semua aktiitas yang dijalankanya melalui proses yang sangat rumit dan saling mempengaruhi satu sama lain. Keajaiban otak yang lainya adalah bahwa di dalam otak terdapat rahasia-rahasia unsur-unsur kimiawi yang di sebut neurotransmitter yang bertugas sebagai pengirim pesan ke otak. Dan juga telah ditemukan tiga unsur kimiawai dalam jaringan otak—dopamin (warna hijau), serotonin (warna kuning), dan norepinefin (warna hijau) yang menggambarkan peta jalan jaras-jaras saraf dalam otak.
Jika kita melihat bentuk fisik dari otak, maka ia akan terlihat lembek dan lemah. Akan tetapi pada dasarnya otak itu kokoh dan tahan lama, dan merupakan sebuah perangkat yang paling berguna dari yang kita sadari pada umumnya. Kita pasti pernah mendengar istilah tentang “kelelahan otak” akibat dari konsentrasi yang terlalu lama ketika melakukan suatu aktifitas. Tetapi ternyata yang mengalami kelelahan bukan otak kita, tetapi bagian lain dari tubuh kita, mata anda atau mungkin otot-otot leher dan punggung anda karena sejatinya otak dapat bekerja hampir tidak ada batasnya dan tidak akan pernah mengalami kelelahan.
Bagaiman indera anda dapat memahami?
Belajar mengembangkan indera peraba sama halnya dengan mengubah indera-indera lain menjadi lebih berdimensi. Menjadikan kemampuan penglihatan, pendengaran, penciuman kian bertambah. Dan sekarang bagaimana dengan misteri indera keenam? Dalam buku ini telah dipaparkan penjelasan tentang rahasia-rahasia indera keenam yang belum anda ketahui yang mungkin lebih mirip dalam bentuk intuisi atau insting tertentu yang dapat merasakan nilai kebaikan dan keburukan orang lain.
Dalam bagian ini juga memberikan kita kiat-kiat untuk mempertajam penilaian, mengolah batin, mempertahankan ketajaman ingatan, memeriksa daya empati dan memaksimalkan fungsi positif lamunan.
Bagian ketiga dari buku ini, adalah mempertajam perangkat mental anda. Karakteristik-karakteristik intelegensi seperti apa yang dapat membantu anda menjadi sang juara? Tokoh-tokoh besar dalam penelitian kasusnya sangat teliti dalam menemukan fakta-fakta yang terkait, mereka selalu berhati-hati dalam mempertimbangkan bukti yang bertentangan dan melakukan penyelidikan terhadap bukti lain. Hal ini memerlukan disiplin dan juga kesangsian yang baik. Orang yang teliti akan lebih sering menyembunyikan penilaiannya daripada mencoba-coba sembarangan menebak. Dalam wujud terbaiknya, ketelitian adalah suatu usaha berat, penuh perhatian, penuh kesabaran dan kemampuan nalar pikiran. Dan pada puncaknya adalah kreatif. Karena ketelitian tidak hanya sekedar mencari fakta-fakta, ketelitian menemukan fakta-fakta itu pada tahap permulaan. Sudahkah anda memulai mengembangkan seni ketelitian dalam diri anda?
Pernahkah dalam benak anda terbesit pikiran bahwa nasib anda tidak beruntung? Mengapa? Sebagian besar orang berpendapat demikian karena mereka terlalu cepat mengambil kesimpulan tentang nasib mereka, mereka tidak pernah mengevaluasi dan mengkritisi setiap kejadian yang terjadi pada diri mereka. Akibatnya, mereka akan mengulang-ulang kesalahan yang sama yang pernah mereka lakukan dan akan berujung pada kekecewaan dan keputus asaan. Dan hal inilah yang menyebabkan kita berkesimpulan buruk pada nasib kita. Dan sekarang, cara atau metode seperti apa yang dapat mmengubah nasib kita menjadi lebih beruntung? Jawabanya terletak pada diri anda sendiri, mengapa anda tidak bertanya pada diri anda “Apa yang dapat aku lakukan sehingga aku merasa lebih kompeten?” Mulailah anda melakukan hal-hal kecil ketimbang menghindari pengalaman-pengalaman yang mengecewakan. Karena dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dapat membuat anda lebih menyukai diri sendiri. Dan ketika anda telah nyaman dengan diri anda, anda akan mulai untuk melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat yang akan menuju pada hal-hal besar. Hal inilah yang disebut dengan keberuntungan dalam hidup!.
Tahukah anda rahasia-rahasia semangat yang membumbung tinggi? Dalam buku ini pun dijelaskan bahwa seseoranng yang mempunyai semangat tinggi, umumnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut; tidak melakukan hal-hal yang kurang menyenangkan, mengekploitasi kesempatan-kesempatan berinspirasi, muncul dengan hawa panas alamiah minat mereka, menemukan inspirasi pada inspirasi orang lain, dan mengikuti arus kemanapun ia mengarah.
Tak ubah pula para atlit profesional yang telah ahli di bidangnya, meskipun mereka telah sering memenangkan beberapa pertandingan dan kelihatan telah terbiasa dengannya namun pada dasarnya mereka sering kali mengalami stress saat akan menghadapi pertandingan. Penasaran dengan trik-trik atau kebiasaan para atlit profesional untuk menghilangkan stress saat akan bertanding? Baca dan pelajari selengkapnya dalam bagian ini.
Bagaimana caranya melatih otot-otot pikiran kita?
Agar dapat menambah kemampuan dalam berpikir, maka seharusnya kita dibiasakan untuk melatih otot-otot pikiran. Dengan apa melatihnya? Salah satu diantaranya ialah dengan mengembakan kebiasaan membaca buku yang bermanfaat karena dapat menjadikan imajinasi kita terangsang baik. Selain itu, cara lain unuk melatih otot-otot pikiran kita ialah dengan mencoba mengalihkan jiwa kita dari kecenderungan kebisingan aktifitas-aktifitas pada umumnya yakni dengan sekedar merenung. Karena dengan merenung kita dapat mengenali diri kita lebih dalam dan mampu menentukan pemikiran-pemikiran yang ia yakini, maupun pemikiran-pemikiran yang akan ia tolak.
Bagian keempat dari buku ini, menjelasakan tentang cara memecahkan masalah melalui kekuatan akal. Yang pertama kali adalah cara mengatasi hambatan-hambatan mental yang sering muncul dalam diri kita misalnya yang paling umum adalah emosi bisa berupa rasa takut, tekanan, terlalu berambisi pada sesuatu dll. Taukah anda seseorang bisa meraih keberhasilanya hanya dengan kekuatan dua kata “tidak masalah” pada setiap masalah yang dihadapinya.??
Dalam bagian ini juga dijelaskan mengenai brainstorming, yakni salah satu metode paling sukses dalam mengatasi hambatan mental. Taukah anda apa yang dinamakan brainstorming? Yakni teknik pemecahan masalah secara berkelompok, aturanya; ide apapun boleh di keluarkan, semakin aneh suatu gagasan semakin baik, tak seorang pun boleh untuk mengkritik gagasan tersebut.
Di samping itu pada bagian ini, penulis mengajak anda untuk memasuki wilayah misterius filasafat, gagasan, pikiran bawah sadar dan juga problem kreativitas. Penulis juga mengajak untuk menelusuri momen-momen pencerahan, betapa nikmatnya belajar, bagaiman meramu mental, fungsi puisi dalam mengembangkan pikiran anda, dan sebuah momen tak terduga yang disebut Kekinian yang Abadi yang membuat seseorang tercerahkan secara tiba-tiba.
Buku ini mengulas tentang berbagai macam aspek yang berhubungan dengan keajaiban kekuatan-kekuatan akal  pikiran manusia yang luar biasa dan belum pernah kita sadari sebelumnya. Ditulis dengan bahasa yang sederhana dan didukung dengan fakta-fakta pengalaman pribadi dari penulis yang didasari dengan penemuan-penemuan ilmiah di bidang sains dan ilmu kedokteran. Setelah membaca buku ini anda akan semakin terinspirasi untuk mengembangkan kekuatan pikiran anda dalam menuju perubahan hidup yanng lebih baik, dengan optimisme dan semangat yang tinggi.
Kekurangannya mungkin hanya terdapat pada ulasan pembahasanya yang kurang langsung menuju pada intinya, yang artinya terlalu banyak prolog pada setiap pembahasan yang menjadikan seorang pemula merasa bingung dan karena banyak juga istilah-istilah ilmiah yang belum familiar ditelinga pembaca. Akan tetapi buku ini layak untuk menjadi buku pegangan bagi semua golongan. SELAMAT MEMBACA!!

1 komentar:

  1. Sloty Casino & Hotel - Mapyro
    Find your way around the 공주 출장마사지 casino, find where everything is located 안산 출장마사지 with 충청북도 출장안마 this map. Slots/Games: 711 Video slots, 811 Video poker 영천 출장샵 tables, 807 Video slots, 포천 출장안마

    BalasHapus